Posted by : Unknown Mar 13, 2012

Pantai Samboang.


Bulukumba, kabupaten yang terletak di Propinsi Sulawesi Selatan ini punya beragam objek wisata yang mengagumkan. Salah satu objek wisata yang terkenal adalah objek wisata pantainya seperti Pantai Tanjung Bira yang memiliki pasir putih yang halus dengan lautnya yang jernih. Daerah ini adalah tempat industri pembuatan perahu tradisional Phinisi yang berpusat di Desa Ara dan Lemo-lemo. Karena keunikan pembuatannya yang berlawanan dengan teori pembuatan kapal moderen, perahu asal daerah ini telah terkenal ke pelosok dunia. Kabupaten Bulukumba biasa disebut dengan Butta Panrita Lopi yaitu negeri asal para ahli perahu. 

Selain Pantai Bira, di Bulukumba juga terdapat pantai eksotik dengan pasir putihnya yang indah yaitu Pantai Samboang. Pantai ini terletak di Kecamatan Bontotiro tepatnya di Desa Eka Tiro. Pantai ini punya panorama yang indah dengan lekukan pantai dikelilingi oleh pohon kelapa yang rindang. Selain pasirnya yang putih, di tempat ini juga terdapat pulau kecil yang terhubung dengan jembatan sepanjang 20 meter. Penduduk sekitar maupu wisatawan biasa memancing di tempat ini. 


Titian di Pantai Samboang.

Pulau tempat mancing di Pantai Samboang.

Pantai samboang tidak kalah indahnya dengan Tanjung Bira yang terletak di Kecamatan Bontobahari, kurang lebih 30 kilometer dari kota Kabupaten bulukumba. Pasir putih nan indah berbalut dengan suasana alam alami, ditambah lagi rindangnya pohon kelapa yang berjejer di sepanjang pinggir pantai menjadi alasan utamanya. Ditambah lagi jejeran villa menghadap laut lepas memanjakan wisatawan dapat  menginap dan menikmati alam Samboang.

Akhir-akhir ini tempat yang eksotik ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Terakhir kali penulis berkunjung ke tempat tersebut, kondisinya sangat kotor. Sampah dari pohon menutupi pasirnya yang putih akibat badai. Beberapa hal yang masih perlu dibenahi sehingga pantai Samboang menjadi kawasan wisata andalan seperti infrastruktur jalan dan penataan lokasi pantai. Fasilitas yang ada di pantai tersebut sangat sedikit, hanya ada beberapa villa itupun tidak terawat. Tempat ini bisa menjadi tempat yang berpotensi untuk pendapatan daerah jika dikelola dengan baik. Pembangunan villa, restoran dan tempat hiburan dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Pulau kecil yang ada di  tempat ini bisa dibangun suatu bangunan yang melayani peralatan pancing sehingga pengunjung tak perlu repot membawa peralatan pancing dari rumah. Selain itu jalanan menuju pulau ini perlu diperbaiki untuk memudahkan akses.

Kondisi pantai yang kotor

Jalan akses ke pulau yang rusak.
Saya yakin jika tempat ini dikelola dengan baik akan menjadi tempat wisata yang indah di Bulukumba. Pemerintah setempat harusnya bisa memanfaatkan peluang ini untuk membangun tempat ini dan mempromosikannya lewat internet seperti web, blog ataupun media lainnya sehingga tempat ini dikenal dunia luar. Bukan cuma wisatawan domestik yang akan datang tapi wisatawan asing pun akan tertarik untuk berkunjung. Bisa dikatakan jika tempat ini tak kalah indah dari pantai pasir putih Bira. Semoga tulisan di blog ini bisa menjadi masukan untuk objek wisata yang ada di negeri kita agar bisa dikelola dengan baik.

3 Responses so far.

  1. wow ternyata bgitu yah

    *wah ada yg kurang nih, coba deh tambahain link tulisan blog ke blogdetik.com

    *sebagai syarat ketentuan menang juga lho :D

  2. @dotsemarang, oh ya saya lupa, saya akan menambahkannya. Thanks atas koreksinya

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © ammankun blog -